Sabtu, 02 April 2016

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “JENIS-JENIS DAN KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN”.



MAKALAH
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
“JENIS-JENIS DAN KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN”



DosenPengampu :Bapak Erwin PuteraPermanaM.Pd.
Disusunoleh :Kelompok 3
1.    RetnoDwiSafitri.                  (01)
2.    EmildaPuri A                        (03)
3.    RiabellaMuji                         (13)
4.    M.RizkiFirmansyah             (19)


          FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
2015





KATA PENGANTAR
Puji syukur kami penjatkan kehadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nyasehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “Jenis-jenis dan Klasifikasi Media Pembelajaran”.Penulisan makalah ini merupakan salah satu tugas yang diberikan dalam mata kuliah Media Pembelajaran di Universitas Nusantara PGRI.
Dalam Penulisan makalah ini kami merasamasih banyak kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingatakan kemampuan yang kami miliki. Untuk itu, kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.
Dalam penulisan makalah ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan makalah ini, khususnya kepada Dosen kami yang telah memberikan tugas dan petunjuk kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas ini.



Penyusun


Kelompok 3






DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR..............................................................................................................i
DAFTAR ISI............................................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………………………1
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Media Pembelajaran.......................................................................................... 2
B. Jenis-jenisdanKlasifikasi Media Pembelajaran................................................................. 2
BAB III PENUTUP.................................................................................................................6
DAFTAR PUSTAKA...............................................................................................................7











BAB I
PENDAHULUAN
A. LatarBelakang
Media pembelajaran banyak sekali jenis dan macamnya. Mulai dari yang paling sederhana dan murah sampai media yang paling canggih dan mahal harganya. Ada media yang dapat dibuat oleh guru sendiri dan ada media yang diproduksi pabrik. Ada media yang sudah tersedia di lingkungan yang langsung dapat kita manfaatkan, ada pula me­dia yang secara khusus sengaja dirancang untuk keperluan pembelajaran. Meskipun media banyak ragamnya, namun kenyataannya tidak banyak jenis media yang biasa digunakan oleh guru di sekolah.
Beberapa media yang paling akrab dan hampir semua sekolah memanfaatkan adalah media cetak (buku) dan papan tulis. Selain itu, banyak juga sekolah yang telah memanfaatkan jenis media lain seperti gambar, model, overhead projektor (OHP) dan obyek‑obyek nyata. Sedangkan media lain seperti kaset audio, video, VCD, slide (film bingkai), serta program pembelajaran komputer masih jarang digunakan meskipun sebenamya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar guru. Meskipun demikian, sebagai seorang guru alangkah baiknya Anda mengenal beberapa jenis media pembelajaran tersebut. Hal ini dimaksudkan agar mendorong kita untuk mengadakan dan memanfaatkan media tersebut dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
B. RumusanMasalah
1.      Apaitu media pembelajaran?
2.      Apasajajenis-jenisdanklasifikasi media pembelajaran?
C. Tujuan
1.      Mengetahuipengertian media pembelajaran
2.      Mengetahuijenis-jenisdanklasifikasi media pembelajaran




BAB II
PEMBAHASAN
A.      Pengertian Media Pembelajaran
Kata media berasaldaribahasalatinyaitumedius yang secaraharfiahberarti “tengah”, “perantara”, atau “pengantar”. DalambahasaArab, media adalahperantaraataupengantarpesandaripengirimkepadapenerimapesan.
MenurutGerlachdan Ely (1971), media apabiladipahamisecaragarisbesaradalahmanusia, materiataukejadian yang membangunkondisi yang membuatsiswamampumemperolehpengetahuan, keterampilanatausikap.Sehingga guru, bukuteksdanlingkungansekolahmarupakan media.
Fleming (1987: 234) menyatakan media berfungsiuntukmengaturhubungan yang efektifantaraduapihakyaitusiswadanisipelajaran.
Hainichdankawan-kawan (1982) mengemukakanistilah media sebagaiperantara yang mengantarinformasiantarasumberdanpenerima.
Kesimpulannya, media adalahsegalasesuatu yang dapatdigunakanuntukmenyalurkanpesandaripengirimkepenerima.Sehinggadapatmerangsangpikiran, perasaan, perhatiandanminatsiswasedemikianrupasehingga proses belajarterjadi.
Media pembelajaranadalah media yang membawapesan-pesanatauinformasi yang bertujuaninstruksionalataumengandungmaksud-maksudpengajaranmenurut Gagne dan Briggs (1975) media pembelajaranmeliputialat yang secarafisikdigunakanuntukmenyampaikanisimateripengajaran yang terdiridaribuku, tape recorder, kaset, video camera, video recorder, film, slide (gambar), foto, gambar, grafik, televisidan computer.
Media pembelajaranjugadapatdiartikansebagaisegalajenissaranapendidikan yang digunakansebagaiperantaradalam proses belajarmengajaruntukmeningkatkkanefektivitasdanefisiensipencapaiantujuanintruksional. Mencakup media grafis, media yang menggunakanalatpenampil, peta, model, globe dansebagainya.
B.       Jenis-jenisdanKlasifikasi Media Pembelajaran
Ada berbagai cara dan sudut pandang untuk meng­golongkan jenis media, beberapaahliberpendapatsebagaiberikut:
·      Rudy Bretz (1971)mengidentifikasi jenis‑jenis media berdasarkan tiga unsur pokok, yaitu: suara, visual dan gerak. Berdasarkan tiga unsur tersebut, Bretz mengklasifikasikan media ke dalam delapan kelompok, yaitu: (1) media audio, (2) media cetak, (3) media visual diam, (4) media visual gerak, (5) media audio semi gerak, (6) media semi gerak, (7) media audio visual diam, serta (8) media audio visual gerak.
·      Anderson (1976) mengelompokkan media menjadi sepuluh golongan sebagai berikut:
No
Golongan Media
ContohdalamPembelajaran
1
 Audio
 Kaset audio, siaran radio, CID, telepon
2
 Cetak
 Buku pelajaran, modul, brosur, leaflet, gambar
3
 Audio cetak
 Kaset audio yang dilengkapibahantertulis
4
 Proyeksi visual diam
 Overhead transparansi (OHT), film bingkai (slide)
5
 Proyeksi audio visual diam
 Film bingkai (slide) bersuara.
6
 Visual gerak
 Film bisu
7
Audio visual gerak
Film gerakbersuara, video NCD, televisi
8
Obyekfisik
Benda nyata, model, spesimen
9
Manusiadanlingkungan
Guru, pustakawan, laboran
10
Komputer
CAI (pembelajaran berbantuan komputer) dan CBI (pembelajaran berbasis komputer)
·      Schramm (1985) menggolongkan media atas dasar kompleksnya suatu media. Atas dasar itu, Schramm membagi media menjadi dua golongan yaitu: media besar (media yang mahal dan kompleks) dan media kecil (media sederhana dan murah). Termasuk media besar misalnya: film, televise, dan video NCD, sedangkan yang termasuk media kecil misalnya: slide, audio, transparansi, dan teks. Selain itu Schramm juga membedakan media atas dasar jangkauannya, yaitu media masal (liputannya luas dan serentak), media kelompok (liputannya seluas ruangan tertentu), dan media individual (untuk perorangan). Termasuk media masal adalah radio dan televisi. Termasuk media kelompok adalah: kaset audio, video, OHP, dan slide. Sedangkan yang termasuk media individual adalah: buku teks, telepon, dan program komputer pembelajaran (CAI).
·      Henich dkk (1996) membuat klasifikasi media yang lebih sederhana sebagai berikut: (1) media yang tidak diproyeksikan, (2) media yang diproyeksikan, (3) media audio, (4) media video, (5) media berbasis komputer, dan (6) multi media kit.
·      KlasifikasimenurutGerlachdibagimenjadi lima kategoriumummenurutsifatbenda, yaitu:
a.    Benda-bendaaslidanmanusia
b.    Gambar-gambardangambar yang disorotkan (visuals and projectio)
c.    Benda-benda yang didengar (audio mateials)
d.   Benda-bendacetakan (printed materials)
e.    Benda-benda yang dipamerkan (display materials)
·      KlasifikasinenurutR. Murry Thomasdidasarkanatastigajenjangpengalaman, yaitu:
a.    Pengalamandaribendaasli (reliefe experience). Misalnya: keretaapi, bola
b.    Pengalamandaribendatiruan (subtitude of reliefe experience). Misalnya: gambar,  film, model, sandiwara.
c.    Pengalamandari kata-kata (words only). Misalnya: buku, majalah, program radio, kaset, piringanhitam.
·      Ada jugapembagian lain seperti yang dikemukakanolehJerold E. Kemp berikutini:
a.    Media cetak
b.    Media display
c.    Over headtransparancies
d.   Audio tape recording
e.    Slide dan film-strips
f.     Montipicture
g.    Komputer
·      Sebagian ahli lain mengelompokkan media berdasarkan pada tingkat teknologi yang digunakan, mulai dari media dengan teknologi rendah hingga yang menggunakan teknologi tinggi. Jika media digolongkan atas dasar tingkat teknologi yang digunakan, maka penggolongan media sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. Media tertentu akan dapat mengalami perubahan dalam penggolongannya. Misalnya, pada tahun 1950‑an, media televisi dikategorikan media paling tinggi. Tetapi kemudian pada tahun 1970‑an kategori tersebut bergeser dengan hadirnya media komputer. Pada masa tersebut, komputer digolongkan pada media dengan teknologi yang paling tinggi. Tetapi dewasa ini media komputer tergeser kedudukannya dengan adanya program computer conferencing melalui internet. Kondisi seperti ini akan terus berlangsung sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi.
Makadapatdisimpulkanbahwajenis-jenis Media Pembelajaranadalahsebagaiberikut :
·      Media Audioadalah media yang isipesannyahanyaditerimamelaluiinderapendengaranDilihatdarisifatpesan yang diterima, media audio dapatmenyampaikanpesan verbal (bahasalisanatau kata-kata) maupunnon verbal (bunyi-bunyidanvokalisasi). Contohnya : radio,kaset,audio,mp3 dll
·      Media Visual adalah media yang hanyamengandalkaninderapenglihatan. Media visual menampilkanmaterialnyadenganmenggunakanalatproyeksiatauproyektor, karenamelalui media perangkatlunak (software) yang melengkapialatproyeksiiniakandihasilkansuatu bias cahayaataugambar yang sesuaidenganmateri yang diinginkan. Contohnya : foto, gambar, poster, kartun, grafikdll
·      Media Audio Visual disebutjugasebagai media video. Video merupakan media yang digunakanuntukmenyampaikanpesanpembelajaran. Dalam media video terdapatduaunsur yang salingbersatuyaitu visual dan audio. Adanyaunsur audio memungkinsiswauntukdapatmenerimapesanpembelajaranmelaluipendengaran, sedangkanunsur visual memungkinkanpenciptaanpesanbelajarmelaluibentukvisualisasi. Contohnya : film bersuara, video, televise, sound slide.
·      Media Multimedia adalah media yang dapatmenyajikanunsur media secaralengkap. Sepertianimasi. Multimedia seringdiidentikkandengan computer, internet danpembelajaranberbasis computer.
·      Media Realitaadalah media nyata yang ada di lingkunganalam, baikdigunakandalamkeadaanhidupmaupunsudahdiawetkan. Sepertibinatang, specimen, herbarium dll



BAB III
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Media merupakansuatuperantara (alat) untukmencapaitujuanpembelajaran.Penggunaan media yang tepatdapatmenunjangkeberhasilandalam proses pembelajaran.Dari beberapa pengelompokkan media pembelajaran, kita dapat melihat bahwa hingga kini belum ada suatu pengelompokkan media yang mencakup segala aspek, khususnya untuk keperluan pembelajaran. Pengelompokkan yang ada, dilakukan atas bermacam-­macam kepentingan. Masih ada pengelompokan yang dibuat oleh ahli lain. Namun apapun dasar yang digunakan dalam pengelompokan itu, tujuannya sama yaitu agar orang lebih mudah mempelajarinya.
B.       Saran
Sebagai seorang guru, sebaiknya mengikuti perkembangan teknologi khususnya yang berkaitan dengan media pembelajaran. Sehingga paling tidak kita dapat lebih mengenalnya. Beberapa jenis media tentu pernah digunakan, beberapa jenis yang lain mungkin juga sudah di kenal meskipun belum pernah menggunakannya dalam pembelajaran. Jenis media mana yang akan kita gunakan, sangat tergantung pada kebutuhan dan kondisi yang ada di lapangan




DAFTAR PUSTAKA
http://makalahpendidikan-sudirman.blogspot.co.id/2012/02/klasifikasi-media-pembelajaran
http://tugasku4u.com/2013/05/makalah-tentang-media-pembelajaran
HM., Ahmad Rohani (1997). Media InstruksionalEdukatif.Jakarta: PT RinekaCipta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar