MAKALAH
PENGEMBANGAN
MEDIA PEMBELAJARAN
“JENIS-JENIS
DAN KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN”
DosenPengampu :Bapak Erwin PuteraPermanaM.Pd.
Disusunoleh
:Kelompok 3
1. RetnoDwiSafitri. (01)
2. EmildaPuri
A (03)
4. M.RizkiFirmansyah (19)
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS
NUSANTARA PGRI KEDIRI
2015
KATA PENGANTAR
Puji syukur
kami penjatkan kehadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nyasehingga kami
dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “Jenis-jenis dan Klasifikasi
Media Pembelajaran”.Penulisan makalah ini merupakan salah satu tugas yang
diberikan dalam mata kuliah Media Pembelajaran di Universitas Nusantara PGRI.
Dalam Penulisan makalah ini
kami merasamasih banyak kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi,
mengingatakan kemampuan yang kami miliki. Untuk itu, kritik dan saran
dari semua pihak sangat kami harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.
Dalam penulisan makalah ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih
yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang
membantu dalam menyelesaikan makalah ini, khususnya kepada Dosen kami yang
telah memberikan tugas dan petunjuk kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas ini.
Penyusun
Kelompok 3
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR..............................................................................................................i
DAFTAR ISI............................................................................................................................ii
BAB I
PENDAHULUAN……………………………………………………………………1
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Media Pembelajaran..........................................................................................
2
B. Jenis-jenisdanKlasifikasi Media
Pembelajaran................................................................. 2
BAB III
PENUTUP.................................................................................................................6
DAFTAR
PUSTAKA...............................................................................................................7
BAB
I
PENDAHULUAN
A. LatarBelakang
Media pembelajaran banyak sekali jenis dan macamnya. Mulai dari yang paling
sederhana dan murah sampai media yang paling canggih dan mahal harganya. Ada
media yang dapat dibuat oleh guru sendiri dan ada media yang diproduksi pabrik.
Ada media yang sudah tersedia di lingkungan yang langsung dapat kita
manfaatkan, ada pula media yang secara khusus sengaja dirancang untuk
keperluan pembelajaran. Meskipun media banyak ragamnya, namun kenyataannya
tidak banyak jenis media yang biasa digunakan oleh guru di sekolah.
Beberapa media yang paling akrab dan hampir semua sekolah memanfaatkan
adalah media cetak (buku) dan papan tulis. Selain itu, banyak juga sekolah yang
telah memanfaatkan jenis media lain seperti gambar, model, overhead projektor
(OHP) dan obyek‑obyek nyata. Sedangkan media lain seperti kaset audio, video,
VCD, slide (film bingkai), serta program pembelajaran komputer masih jarang
digunakan meskipun sebenamya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar guru.
Meskipun demikian, sebagai seorang guru alangkah baiknya Anda mengenal beberapa
jenis media pembelajaran tersebut. Hal ini dimaksudkan agar mendorong kita
untuk mengadakan dan memanfaatkan media tersebut dalam kegiatan pembelajaran di
kelas.
B.
RumusanMasalah
1. Apaitu
media pembelajaran?
2. Apasajajenis-jenisdanklasifikasi
media pembelajaran?
C. Tujuan
1. Mengetahuipengertian
media pembelajaran
2. Mengetahuijenis-jenisdanklasifikasi
media pembelajaran
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Media
Pembelajaran
Kata
media berasaldaribahasalatinyaitumedius yang secaraharfiahberarti “tengah”,
“perantara”, atau “pengantar”. DalambahasaArab, media adalahperantaraataupengantarpesandaripengirimkepadapenerimapesan.
MenurutGerlachdan
Ely (1971), media apabiladipahamisecaragarisbesaradalahmanusia,
materiataukejadian yang membangunkondisi yang
membuatsiswamampumemperolehpengetahuan, keterampilanatausikap.Sehingga guru,
bukuteksdanlingkungansekolahmarupakan media.
Fleming
(1987: 234) menyatakan media berfungsiuntukmengaturhubungan yang
efektifantaraduapihakyaitusiswadanisipelajaran.
Hainichdankawan-kawan
(1982) mengemukakanistilah media sebagaiperantara yang
mengantarinformasiantarasumberdanpenerima.
Kesimpulannya,
media adalahsegalasesuatu yang
dapatdigunakanuntukmenyalurkanpesandaripengirimkepenerima.Sehinggadapatmerangsangpikiran,
perasaan, perhatiandanminatsiswasedemikianrupasehingga proses belajarterjadi.
Media
pembelajaranadalah media yang membawapesan-pesanatauinformasi yang
bertujuaninstruksionalataumengandungmaksud-maksudpengajaranmenurut Gagne dan
Briggs (1975) media pembelajaranmeliputialat yang
secarafisikdigunakanuntukmenyampaikanisimateripengajaran yang terdiridaribuku,
tape recorder, kaset, video camera, video recorder, film, slide (gambar), foto,
gambar, grafik, televisidan computer.
Media
pembelajaranjugadapatdiartikansebagaisegalajenissaranapendidikan yang
digunakansebagaiperantaradalam proses
belajarmengajaruntukmeningkatkkanefektivitasdanefisiensipencapaiantujuanintruksional.
Mencakup media grafis, media yang menggunakanalatpenampil, peta, model, globe
dansebagainya.
B. Jenis-jenisdanKlasifikasi
Media Pembelajaran
Ada berbagai
cara dan sudut pandang untuk menggolongkan jenis media,
beberapaahliberpendapatsebagaiberikut:
·
Rudy Bretz (1971)mengidentifikasi
jenis‑jenis media berdasarkan tiga unsur pokok, yaitu: suara, visual dan gerak.
Berdasarkan tiga unsur tersebut, Bretz mengklasifikasikan media ke dalam
delapan kelompok, yaitu: (1) media
audio, (2) media cetak, (3) media visual diam, (4) media visual gerak, (5)
media audio semi gerak, (6) media semi gerak, (7) media audio visual diam,
serta (8) media audio visual gerak.
· Anderson
(1976) mengelompokkan media menjadi
sepuluh golongan sebagai berikut:
No
|
Golongan Media
|
ContohdalamPembelajaran
|
1
|
Audio
|
Kaset audio, siaran radio, CID, telepon
|
2
|
Cetak
|
Buku pelajaran, modul, brosur, leaflet, gambar
|
3
|
Audio
cetak
|
Kaset
audio yang dilengkapibahantertulis
|
4
|
Proyeksi
visual diam
|
Overhead
transparansi (OHT), film bingkai (slide)
|
5
|
Proyeksi
audio visual diam
|
Film
bingkai (slide) bersuara.
|
6
|
Visual
gerak
|
Film
bisu
|
7
|
Audio
visual gerak
|
Film
gerakbersuara, video NCD, televisi
|
8
|
Obyekfisik
|
Benda
nyata, model, spesimen
|
9
|
Manusiadanlingkungan
|
Guru,
pustakawan, laboran
|
10
|
Komputer
|
CAI (pembelajaran berbantuan komputer) dan CBI (pembelajaran berbasis
komputer)
|
·
Schramm (1985) menggolongkan media atas dasar
kompleksnya suatu media. Atas dasar itu, Schramm membagi media menjadi dua
golongan yaitu: media besar (media yang mahal dan kompleks) dan media kecil
(media sederhana dan murah). Termasuk media besar misalnya: film, televise, dan
video NCD, sedangkan yang termasuk media kecil misalnya: slide, audio,
transparansi, dan teks. Selain itu Schramm juga membedakan media atas dasar
jangkauannya, yaitu media masal (liputannya luas dan serentak), media kelompok
(liputannya seluas ruangan tertentu), dan media individual (untuk perorangan).
Termasuk media masal adalah radio dan televisi. Termasuk media kelompok adalah:
kaset audio, video, OHP, dan slide. Sedangkan yang termasuk media individual
adalah: buku teks, telepon, dan program komputer pembelajaran (CAI).
·
Henich dkk (1996) membuat
klasifikasi media yang lebih sederhana sebagai berikut: (1) media yang tidak
diproyeksikan, (2) media yang diproyeksikan, (3) media audio, (4) media video,
(5) media berbasis komputer, dan (6) multi media kit.
·
KlasifikasimenurutGerlachdibagimenjadi lima
kategoriumummenurutsifatbenda, yaitu:
a.
Benda-bendaaslidanmanusia
b.
Gambar-gambardangambar yang
disorotkan (visuals and projectio)
c.
Benda-benda yang didengar (audio
mateials)
d.
Benda-bendacetakan (printed
materials)
e.
Benda-benda yang dipamerkan (display
materials)
·
KlasifikasinenurutR. Murry Thomasdidasarkanatastigajenjangpengalaman,
yaitu:
a.
Pengalamandaribendaasli (reliefe
experience). Misalnya: keretaapi, bola
b.
Pengalamandaribendatiruan (subtitude
of reliefe experience). Misalnya: gambar,
film, model, sandiwara.
c.
Pengalamandari kata-kata (words
only). Misalnya: buku, majalah, program radio, kaset, piringanhitam.
·
Ada jugapembagian lain seperti yang
dikemukakanolehJerold E. Kemp berikutini:
a.
Media cetak
b.
Media display
c.
Over headtransparancies
d.
Audio tape recording
e.
Slide dan film-strips
f.
Montipicture
g.
Komputer
·
Sebagian ahli
lain mengelompokkan media berdasarkan pada tingkat teknologi yang digunakan,
mulai dari media dengan teknologi rendah hingga yang menggunakan teknologi
tinggi. Jika media digolongkan atas dasar
tingkat teknologi yang digunakan, maka penggolongan media sangat dipengaruhi
oleh perkembangan teknologi. Media tertentu akan dapat mengalami perubahan
dalam penggolongannya. Misalnya, pada tahun 1950‑an, media televisi
dikategorikan media paling tinggi. Tetapi kemudian pada tahun 1970‑an kategori
tersebut bergeser dengan hadirnya media komputer. Pada masa tersebut, komputer
digolongkan pada media dengan teknologi yang paling tinggi. Tetapi dewasa ini
media komputer tergeser kedudukannya dengan adanya program computer conferencing melalui internet. Kondisi seperti ini akan
terus berlangsung sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi.
Makadapatdisimpulkanbahwajenis-jenis
Media Pembelajaranadalahsebagaiberikut :
·
Media Audioadalah media yang
isipesannyahanyaditerimamelaluiinderapendengaranDilihatdarisifatpesan yang
diterima, media audio dapatmenyampaikanpesan verbal (bahasalisanatau kata-kata)
maupunnon verbal (bunyi-bunyidanvokalisasi). Contohnya : radio,kaset,audio,mp3
dll
·
Media Visual adalah media yang
hanyamengandalkaninderapenglihatan. Media visual menampilkanmaterialnyadenganmenggunakanalatproyeksiatauproyektor,
karenamelalui media perangkatlunak (software) yang
melengkapialatproyeksiiniakandihasilkansuatu bias cahayaataugambar yang
sesuaidenganmateri yang diinginkan. Contohnya : foto, gambar, poster, kartun,
grafikdll
·
Media Audio Visual disebutjugasebagai media video. Video
merupakan media yang digunakanuntukmenyampaikanpesanpembelajaran. Dalam media
video terdapatduaunsur yang salingbersatuyaitu visual dan audio. Adanyaunsur
audio memungkinsiswauntukdapatmenerimapesanpembelajaranmelaluipendengaran,
sedangkanunsur visual
memungkinkanpenciptaanpesanbelajarmelaluibentukvisualisasi. Contohnya : film
bersuara, video, televise, sound slide.
·
Media Multimedia adalah media yang dapatmenyajikanunsur
media secaralengkap. Sepertianimasi. Multimedia seringdiidentikkandengan
computer, internet danpembelajaranberbasis computer.
·
Media Realitaadalah media nyata yang ada di
lingkunganalam, baikdigunakandalamkeadaanhidupmaupunsudahdiawetkan.
Sepertibinatang, specimen, herbarium dll
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Media
merupakansuatuperantara (alat) untukmencapaitujuanpembelajaran.Penggunaan media
yang tepatdapatmenunjangkeberhasilandalam proses pembelajaran.Dari beberapa pengelompokkan media pembelajaran, kita dapat melihat bahwa hingga kini belum ada suatu pengelompokkan media
yang mencakup segala aspek, khususnya untuk keperluan pembelajaran.
Pengelompokkan yang ada, dilakukan atas bermacam-macam kepentingan. Masih ada
pengelompokan yang dibuat oleh ahli lain. Namun apapun dasar yang digunakan
dalam pengelompokan itu, tujuannya sama yaitu agar orang lebih mudah
mempelajarinya.
B.
Saran
Sebagai seorang guru, sebaiknya mengikuti
perkembangan teknologi khususnya yang berkaitan dengan media pembelajaran.
Sehingga paling tidak kita dapat lebih mengenalnya. Beberapa jenis media tentu
pernah digunakan, beberapa jenis yang lain mungkin juga sudah di kenal meskipun
belum pernah menggunakannya dalam pembelajaran. Jenis media mana yang akan kita
gunakan, sangat tergantung pada kebutuhan dan kondisi yang ada di lapangan
DAFTAR PUSTAKA
http://makalahpendidikan-sudirman.blogspot.co.id/2012/02/klasifikasi-media-pembelajaran
http://tugasku4u.com/2013/05/makalah-tentang-media-pembelajaran
HM., Ahmad
Rohani (1997). Media
InstruksionalEdukatif.Jakarta: PT RinekaCipta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar