Jumat, 15 April 2016

Analisis Muatan Nilai Dan Moral Pada SK Dan KD Kelas 3 Sekolah Dasar



Penyusun
Kelompok 9 :
-          Dani Darmawan
-          Eva
-          Winda

Analisis Muatan Nilai Dan Moral Pada SK Dan KD Kelas 3 Sekolah Dasar

Semester 1 Kelas 3
Standar Kompetensi 1
Nilai
Mengamalkan nilai – nilai sumpah pemuda.
Wujud Perilaku
- Taat dan patuh terhadap peraturan yang berlaku dimasyarakat.
- Menghargai setiap perbedaan dalam kehidupan berbangsa dan
  bernegara.
- Bangga dengan bahasa kita yaitu bahasa Indonesia, serta
  menjaga dan melestarikan dengan cara menggunakannya dalam
  berkomunikasi.
- Menjaga dan memelihara bendera dan lambang bangsa
  Indonesia dengan sebaik mungkin.


Standar Kompetensi 2
Nilai
Melaksanakan aturan – aturan dilingkungan masyarakat.
Wujud Perilaku
- Menghormati, menghargai serta taat terhadap aturan – aturan
  yang berlaku dilingkungan masyarakat.
- Melakukan aturan – aturan yang berlaku dengan ikhlas dan tidak
  menggeluh.
- Menasehati dan memberikan peringgatan apa bila ada teman
  yang akan berbuat melangar aturan – aturan yang berlaku
  dimasyarakat.
- Jika terlanjur melanggar aturan – aturan di masyarakat maka
  kita harus berani dan jujur menggakuinya serta berjanji tidak
  akan menggulanginya lagi.

Semester 2 Kelas 3
Standar Kompetensi 3
Nilai
Memiliki, menghargai dan menerapkan harga diri yang baik didalam kehidupan sehari – hari.
Wujud perilaku harga diri
- Memiliki tingkah laku dan kepribadian yang baik disekolah
  maupun dilingkungan masyarakat.
- Melakukan pengembangan bakat sesuai dengan bakat dan minat
  yang dimiliki masing-masing siswa.
- Mampu memanfaatkan kelebihannya sebaik mungkin dan tidak
  berlaku sombong terhadap kelebihan yang dimilikinya.
- Mampu menerima kekurangan yang dimiliki dengan ikhlas dan
   berusaha sebaik mungkin untuk memperbaikinya.
- Menghargai dan menghormati perbedaan setiap kelebihan dan
  kekurangan yang dimiliki teman – temannya.

Standar Kompetensi 4
Nilai
Kebhinekaan,raca cinta kekayaan alam, dan keramahtamahan.
Wujud perilaku kebhinekaan
- Menunjukkan perilaku saling menghormati dan menghargai
  perbedaan yang ada baik dalam hal ras, warna kulit, agama,
  golongan dan lain – lain.
- Menunjukkan rasa persaudaraan dan saling tolong menolong.
- Menghormati dan menghargai semua perbedaan yang terjadi.
Wujud perilaku rasa cinta kekayaan alam
- Menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar dengan
   sebaik mungkin.
- Melakukan pemanfaatkan kekayaan alam secara bijak dan
  tidak berlebihan.
- Menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tembat
  yang telah ditentukan.
- Mampu memanfaatkan dan mendaur ulang kembali
  sampah – sampah menjadi barang yang bermanfaat dan
  bernilai ekonomis.
Wujud perilaku keramahtamahan
- Menunjukkan perilaku sayang dan menghormati guru serta
  orang yang lebih tua.
- Saling bertegur sapa jika saling bertemu dan berjumpa baik
  dengan guru, dengan teman maupun dengan orang yang
  lain.
- Mampu menggunakan bahasa yang baik dan sopan dalam
   berbicara dengan orang lain.

Setelah anda selesai menyelesaikan tugas 1, uraikan pendapat kalian tentang  manfaat analisis materi tersebut dari sudut Penyusunan RPP, penggunaan bahan /sumber ajar, strategi pembelajaran, dan penilaiannya!
Jawab: ....
Analis materi memberikan manfaat yang sangat besar didalam proses pembelajaran dimana dengan melakukan sebuah analisis materi seorang guru akan mudah didalam menentukan dan menyususun komponen – komponen pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa, baik itu penyususnan RPP, menentukan bahan / sumber ajar, strategi pembelajaran, maupun penilaiannya. Terhadap penyusunan RPP dimana jika seorang guru melakukan analisis materi terlebih dahulu sebelum menyususn RPP maka guru akan mudah dalam menentukan kegiatan – kegiatan yang ada dalam komponen RPP tersebut dan kegiatan dalam RPP tersebuat pula akan mampu mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran karena guru telah menggetahui materi – materi pembelajaran yang harus dikuasai oleh siswa. Dari sudut penggunaan bahan ajar/sumber ajar, jika seorang guru melakukan analisis materi terlebih dahulu sebelum menentukan bahan ajar maka guru akan mudah dan tidak kesulitan didalam menentukan bahan ajar yang sesuai dan mendukung materi pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa karena guru sudah menggetahui bahan atau sumber ajar apa yang sesuai dan mampu menjelaskan materi tersebut. Dilihat dari strategi pembelajaran, dari strategi pembelajaran maka jika seorang guru terlebih dahulu menganalisis materi sebelum menentukan strategi pembelajaran maka guru tersebut akan mendapatkan dan mampu memilih strategi – strategi apa yg sesuai dengan meteri tersebut. Dimana jika seorang guru telah melalukan analisis materi terlebih dahulu maka guru tersebut akan mengetahui dan memahai bila materi ini sesuai dengan strategi ini materi ini sesuai dengan strategi ini, jadi dapat kita simpulkan bahwa jika analisis materi pembelajaran yang dilakukan guru dilakukan dengan baik maka seorang guru akan dapat menentukan strategi yang sesuai dalam pembelajaran dikelasnya. Terkait dengan penilai, analisis materi juga memberikan manfaat bagi guru dalam hal proses penilian, dimana analisis materi akan mempermudah guru untuk menentukan jenis penilaiaian yang mampu mendukung ketercapaian komponen pembelajaran baik itu dari sisi afektif, kognitif maupun dari sisi psikomotor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar