Penyusun
Kelompok 9 :
-
Dani Darmawan
-
Eva
-
Winda
Analisis
Muatan Nilai Dan Moral Pada SK Dan KD Kelas 3 Sekolah Dasar
Semester
1 Kelas 3
Standar
Kompetensi 1
|
|
Nilai
|
Mengamalkan nilai – nilai sumpah
pemuda.
|
Wujud
Perilaku
|
- Taat dan patuh terhadap peraturan
yang berlaku dimasyarakat.
- Menghargai setiap perbedaan dalam
kehidupan berbangsa dan
bernegara.
- Bangga dengan bahasa kita yaitu
bahasa Indonesia, serta
menjaga dan melestarikan dengan cara menggunakannya dalam
berkomunikasi.
- Menjaga dan memelihara bendera dan
lambang bangsa
Indonesia dengan sebaik mungkin.
|
Standar
Kompetensi 2
|
|
Nilai
|
Melaksanakan aturan – aturan
dilingkungan masyarakat.
|
Wujud Perilaku
|
- Menghormati, menghargai serta taat
terhadap aturan – aturan
yang berlaku dilingkungan masyarakat.
- Melakukan aturan – aturan yang berlaku
dengan ikhlas dan tidak
menggeluh.
- Menasehati dan memberikan
peringgatan apa bila ada teman
yang akan berbuat melangar aturan – aturan yang berlaku
dimasyarakat.
- Jika terlanjur melanggar aturan –
aturan di masyarakat maka
kita harus berani dan jujur menggakuinya serta berjanji tidak
akan menggulanginya lagi.
|
Semester
2 Kelas 3
Standar Kompetensi 3
|
|
Nilai
|
Memiliki, menghargai dan menerapkan
harga diri yang baik didalam kehidupan sehari – hari.
|
Wujud perilaku harga diri
|
-
Memiliki
tingkah laku dan kepribadian yang baik disekolah
maupun dilingkungan masyarakat.
- Melakukan pengembangan bakat sesuai
dengan bakat dan minat
yang dimiliki masing-masing siswa.
- Mampu memanfaatkan kelebihannya
sebaik mungkin dan tidak
berlaku sombong terhadap kelebihan yang dimilikinya.
- Mampu menerima kekurangan yang
dimiliki dengan ikhlas dan
berusaha sebaik mungkin untuk memperbaikinya.
- Menghargai dan menghormati perbedaan
setiap kelebihan dan
kekurangan yang dimiliki teman – temannya.
|
Standar
Kompetensi 4
|
|
Nilai
|
Kebhinekaan,raca
cinta kekayaan alam, dan keramahtamahan.
|
Wujud
perilaku kebhinekaan
|
- Menunjukkan perilaku saling menghormati
dan menghargai
perbedaan yang ada baik dalam hal ras, warna kulit, agama,
golongan dan lain – lain.
- Menunjukkan rasa persaudaraan dan
saling tolong menolong.
- Menghormati dan menghargai semua
perbedaan yang terjadi.
|
Wujud
perilaku rasa cinta kekayaan alam
|
- Menjaga dan melestarikan lingkungan
sekitar dengan
sebaik mungkin.
- Melakukan pemanfaatkan kekayaan alam
secara bijak dan
tidak berlebihan.
- Menjaga kebersihan dan membuang
sampah pada tembat
yang telah ditentukan.
- Mampu memanfaatkan dan mendaur ulang
kembali
sampah – sampah menjadi barang yang bermanfaat dan
bernilai ekonomis.
|
Wujud
perilaku keramahtamahan
|
- Menunjukkan perilaku sayang dan
menghormati guru serta
orang yang lebih tua.
- Saling bertegur sapa jika saling
bertemu dan berjumpa baik
dengan guru, dengan teman maupun dengan orang yang
lain.
- Mampu menggunakan bahasa yang baik
dan sopan dalam
berbicara dengan orang lain.
|
Setelah anda selesai menyelesaikan
tugas 1, uraikan pendapat kalian tentang
manfaat analisis materi tersebut dari sudut Penyusunan RPP, penggunaan
bahan /sumber ajar, strategi pembelajaran, dan penilaiannya!
Jawab: ....
Analis
materi memberikan manfaat yang sangat besar didalam proses pembelajaran dimana
dengan melakukan sebuah analisis materi seorang guru akan mudah didalam
menentukan dan menyususun komponen – komponen pembelajaran yang akan diberikan
kepada siswa, baik itu penyususnan RPP, menentukan bahan / sumber ajar, strategi
pembelajaran, maupun penilaiannya. Terhadap penyusunan RPP dimana jika seorang
guru melakukan analisis materi terlebih dahulu sebelum menyususn RPP maka guru
akan mudah dalam menentukan kegiatan – kegiatan yang ada dalam komponen RPP
tersebut dan kegiatan dalam RPP tersebuat pula akan mampu mendukung
ketercapaian tujuan pembelajaran karena guru telah menggetahui materi – materi
pembelajaran yang harus dikuasai oleh siswa. Dari sudut penggunaan bahan
ajar/sumber ajar, jika seorang guru melakukan analisis materi terlebih dahulu
sebelum menentukan bahan ajar maka guru akan mudah dan tidak kesulitan didalam
menentukan bahan ajar yang sesuai dan mendukung materi pembelajaran yang akan
diberikan kepada siswa karena guru sudah menggetahui bahan atau sumber ajar apa
yang sesuai dan mampu menjelaskan materi tersebut. Dilihat dari strategi
pembelajaran, dari strategi pembelajaran maka jika seorang guru terlebih dahulu
menganalisis materi sebelum menentukan strategi pembelajaran maka guru tersebut
akan mendapatkan dan mampu memilih strategi – strategi apa yg sesuai dengan
meteri tersebut. Dimana jika seorang guru telah melalukan analisis materi
terlebih dahulu maka guru tersebut akan mengetahui dan memahai bila materi ini
sesuai dengan strategi ini materi ini sesuai dengan strategi ini, jadi dapat
kita simpulkan bahwa jika analisis materi pembelajaran yang dilakukan guru
dilakukan dengan baik maka seorang guru akan dapat menentukan strategi yang sesuai
dalam pembelajaran dikelasnya. Terkait dengan penilai, analisis materi juga
memberikan manfaat bagi guru dalam hal proses penilian, dimana analisis materi
akan mempermudah guru untuk menentukan jenis penilaiaian yang mampu mendukung
ketercapaian komponen pembelajaran baik itu dari sisi afektif, kognitif maupun
dari sisi psikomotor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar