Sabtu, 02 April 2016

ICE BREAKER/ICE BREAKING.




ICE BREAKER/ICE BREAKING
DOSEN   : ERWIN PUTRA PERMANA

NAMA KELOMPOK          :
LAYUSA HAWARIN (14.1.01.10.0296)
DYAH AYU NUR PERMATASI (14.1.01.10.0298)
ANNIS DWI ARFARIYANTI (14.1.01.10.0328)
FEBRIAN ANUGERAH P. (14.1.10.0340)
DENY PARAHYTA A.P.W (14.1.01.10.0367)

KELAS   : 2H
FKIP/PGSD
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
TAHUN 2015/2016



KATA PENGANTAR
Puji syukur Kami panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas anugerah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan makalah tentang Ice Breaker/Ice Breaking.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan Makalah ini selain untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Dosen pengajar, juga untuk lebih memperluas pengetahuan para mahasiswa khususnya bagi penulis.
Penulis telah berusaha untuk dapat menyusun Makalah ini dengan baik, namun penulis pun menyadari bahwa kami memiliki akan adanya keterbatasan kami sebagai manusia biasa. Oleh karena itu jika didapati adanya kesalahan-kesalahan baik dari segi teknik penulisan, maupun dari isi, maka kami memohon maaf dan kritik serta saran dari dosen pengajar bahkan semua pembaca  sangat diharapkan oleh kami untuk dapat menyempurnakan makalah ini terlebih juga dalam pengetahuan kita bersama. Harapan  ini dapat bermanfaat bagi kita sekalian

4 oktober 2014


                                                                                                            Kelompok 6







BAB I
PENDAHULUAN
A.LatarBelakang
Sebagaimana kodrat kehidupan manusia di dunia ini,manusia bukan hanya makhluk biologis seperti halnya dengan hewan. Manusia adalah makhluk sosial dan budaya. Ada titik dimana manusia berbeda dengan makhluk lainnya, yakni dimana manusia bisa menggunakan akal fikiran untuk belajar dari hal-hal sebelumnya tidak diketahui sampai mengetahuinya. Jelaslah kiranya, belajar sangatlah penting bagi kehidupan seorang manusia.
Berbicara tentang belajar, “belajar merupakan suatu perubahan dalam tingkah laku, dimana perubahan itu dapat mengarah kepada tingkah laku yang lebih baik, tetapi juga ada kemungkinan mengarah pada tingkah laku yang lebih baik, “pada Olimpiade Sains Kuark dimana kesenangan belajar sains majalah komil Kuark membuat Emilia Anagya, finalis dari Blora Jawa tengah, tidak jijik bermain cacing dengan teman-temannya. Mereka asyik menggali tanah basah disekitar rumah untuk bisa mempelajari soal cacing yang beremanfaat untuk kesuburan tanah.
Dari penjelasan diatas, dapat kita cermati bahwa manusia dan mahkluk hidup lain membutuhkan dunia untuk mengembangkan dan melangsungkan hidupnya. Dengan kegiatan belajar atau menyesuaikan diri, maka berbagai macam cara mereka gunakan sebagai pembelajaran diri, salah satunya pembelajaran yang ada di sekolah.
Dengan demikian, seorang guru harus menjadi motivasi bagi diri dan peserta didiknya dengan memberikan suguhan model dan materi pembelajaran secara aktif salah satunya dengan cara menerapkan model pembelajaran ice breaking di dalam pembelajaran.
Ice breakingmerupakan permainan atau kegiatan yang sederhana, ringan dan ringkas yang berfungsi untuk mengubah suasana kebekuan, kekakuan rasa bosan atau mengantuk dalam mata pelajaran. Sehingga bisa membangun suasana belajar yang dinamis penuh semangat dan antusias yang dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serius tapi santai. Dengan demikian, disinilah peran ice breaking sangat diperlukan untuk menghilangkan situasi yang membosankan bagi pengajar dan siswa, serta kembali segar dan menyenangkan.
Dalam melakukan ice breaking, guru melakukan panduan-panduan atau cara untuk menjalankannya agar ice breaking berjalan optimal yang hasilnya juga akan dirasakan oleh guru dan siswa. Salah satunya dengan cara mengingat panduan atau cara yang sudah disiapkan terlebih dahulu, agar tidak lupa dan tersalurkan kepada tujuannya, yaitu peserta didik.

B.Tujuan
Kelompok kami menyusunmakalahinibertujuan agar parapembacabisamengetahuitentangIce Breaker/Ice Breaking yang sesungguhnya, dandenganadanyamakalahinijuga di harapkandapatmenjadipengetahuanbagikitasemua.

C.RumusanMasalah
A. Apa Ice Breaking/Ice Breaker itu?
B. Apa tujuan dilaksanakan Ice Breaking/Ice Breaker?
C. Kapan Ice Breaking/Ice Breaker dibutuhkan?
D. Apa saja metode yang dapat dilakukan dalam Ice Breaking/Ice Breaker?

  

  

BAB II
PEMBAHASAN
A.        Pengertian
Ice breaking adalah padanan dua kata Inggris yang mengandung makna “memecah es”. Istilah ini sering dipakai dalam training dengan maksud menghilangkan kebekuan-kebekuan di antara peserta latihan, sehingga mereka saling mengenal, mengerti dan bisa saling berinteraksi dengan baik antara satu dengan yang lainnya. Hal ini dimungkinkan karena perbedaan status, usia, pekerjaan, penghasilan, jabatan dan sebagainya akan menyebabkan terjadinya dinding pemisah antara peserta yang satu dengan yang lainnya. untuk melebur dinding-dinding penghambat tersebut, diperlukan sebuah proses ice breaking.
Menurut Syam Mahfud (2010) ice breaking adalah suatu aktivitas kecil dalam suatu acara yang bertujuan agar peserta mengenal peserta lain dan merasa nyaman dengan lingkungan barunya. Kegiatan ini biasanya berupa suatu humor, kadang berupa kegiatan yang cenderung memalukan, kegiatan berupa informasi, pencerahan, atau dapat juga dalam bentuk permainan sederhana. Selanjutnya ice breaking bisa diartikan sebagai usaha untuk memecahan atau mencairkan suasana yang kaku seperti es agar menjadi lebih nyaman mengalir dan santai. Hal ini bertujuan agar materi-materi yang disampaikan dapat diterima (Nida, 2011).
Menurut Dryden dan Vos (2000) belajar akan efektif bila proses pembelajaran dilaksanakan dengan suasana yang menyenangkan (joyfull learning). Ada beberapa hal yang mendukung efektivitas hasil belajar siswa diantaranya siswa belajar dalam kondisi senang, guru menggunakan berbagai fariasi metode dan teknik, mengggunakan media belajar menarik dan menantang, penyesuaian dengan konteks, pola induktif, dan siswa sebagai subjek dalam pembelajaran. Ice breaker dalam pembelajaran, perkuliahan, atau pelatihan sangat membantu dalam membuat suasana belajar yang menyenagkan. Caranya dapat secara interegatif atau secara khusus diberikan dalam sela atau jeda dalam proses pembelajaran.

Dari beberapa pendapat di atas, bisa disimpulkan bahwa ice breaking merupakan suatu aktivitas kecil dalam suatu kegiatan sebagai usaha untuk memecah suasana beku/ kaku agar peserta merasa nyaman dengan lingkungannya dan meningkatkan motivasi peserta untuk mengikuti kegiatan yang sedang dijalani.
B.        Tujuan
Tujuan dilaksanakan ice breaking adalah :
1.      Terciptanya kondisi-kondisi yang equal (setarap) antara sesama peserta dalam kegiatan training.
2.    Menghilangkan sekat-sekat pembatas di antara peserta, sehingga tidak ada lagi anggapan si anu pintar, si anu bodoh, si anu kaya, si anu bos dan lain sebagainya, yang ada hanyalah kesamaan kesempatan untuk maju.
3.      Terciptanya kondisi yang dinamis di antara peserta
4.    Menimbulkan kegairahan (motivasi) antara sesama peserta untuk melakukan aktivitas selama training berlangsung.
C.        Kapan Ice breaking dibutuhkan?
Sesuai namanya, ice breaking dibuat untuk “memecahkan es” pada suatu acara, baik itu pesta ataupun pada pertemuan – pertemuan yang lebih formal seperti seminar dan pelatihan. Teknik ini sering digunakan ketika peserta belum saling kenal, belum pernah bekerja sama ataupun belum mengenal lingkungan sekitar. contoh yang lain adalah:
1.    Saat peserta datang dari berbagai beckground yang berbeda.
2.    Peserta perlu untuk bekerjasama secepatnya untuk satu tujuan.
3.    Tim baru terbentuk.
4.    Topik diskusi merupakan hal baru.
5.    Fasilitator yang ingin lebih mengenal peserta maupun sebaliknya
D.        Metode
Banyak metode yang dapat dilakukan dalam ice breaking ini, di antaranya :
1.         Metode Ceramah
Trainer terlebih dahulu melakukan ceramah pembuka yang pada hakikatnya menjelaskan tentang beberapa hal, antara lain : pentingnya kesatuan dalam suatu komunitas, persamaan hak di antara sesama peserta, perlakukan yang sama,  tim building, kesadaran potensi, kerjasama antar kelompok dll.

2.         Metode Studi Kasus
Trainer memberikan kesempatan kepada peserta untuk ikut andil memecahkan persoalan-persoalan praktis sehari-hari yang ditawarkan oleh pelatih, tujuannya adalah ;
a.    Untuk melihat potensi awal yang dimiliki masing-masing peserta baik dari segi afektif, kognitif maupun psikomotornya.
b.    Membiasakan peserta untuk berinteraksi dengan kelompoknya yang baru, dengan bertanya, menanggapi atau mengamati peserta lain.
c.    Memberikan pengertian bahwa sejak hari itu mereka akan menjadi sebuah keluarga (sanak famili) sampai kapanpun.
3.         Metode Sinetik
Sebuah metode pengembangan sumbang saran, dimana dalam suatu pemecahan masalah dipadukan berbagai pendapat dari berbagai disiplin ilmu sehingga memunculkan solusi yang lebih kreatif terhadap persoalan yang muncul.
4.         Metode Lorong Penuh Liku,
Metode ini dimulai dari membaca beberapa halaman dari buku, kemudian dipaksa untuk membuat keputusan. Berdasarkan keputusan itu peserta diinstruksikan untuk membuka pada suatu halaman tertentu yang telah disusun secara acak. Kemudian diberikan sebuah skenario yang berdasarkan keputusan yang telah dibuat dan keputusan lebih lanjut akan mengirim anda ke halaman muka atau halaman-halaman belakang dari buku, sampai akhirnya peserta keluar dari lorong-lorong tersebut, mungkin setelah melakukan beberapa langkah-langkah yang salah. (untuk penggunaan teknik ini, pelatih harus terlebih dahulu mempersiapkan bahan-bahannya).
5.         Metode Simulasi dan Permainan
Metode ini merupakan metode yang paling mudah dilakukan, pelatih mempersiapkan beberapa permainan yang bertujuan untuk memecah kebekuan (ice breaking games) peserta. Permainan ini banyak sekali bentuknya, di antaranya adalah ; permainan lempar kokarde, pesan berantai, ziq-zaq dan lain-lain. Tujuan simulasi ini adalah :
a.    Terciptanya keakraban di antara peserta.
b.    Masing-masing peserta dapat menghafal nama dan beberapa identitas penting peserta lainnya.
c.    Tertanamnya anggapan bahwa mereka adalah satu kesatuan (solidaritas) “bila satu sakit, yang lain akan ikut merasakannya”.
E.          Jenis-jenis Ice Breaking
Ada banyak macam ice breaking yang dapat digunakan dalam pelatihan, beberapa diantaranya sebagai berikut:
1.      Jenis yel-yel
Yel-yel walaupun sederhana tetapi mempunyai tingkat “pemulih” yang paling baik dibanding jenis lain. Dengan melakukan yel-yel selain konsentrasi menjadi pulih kembali, juga dapat menumbuhkan semangat yang tinggi dari peserta pelatihan untuk melanjutkan pelatihan. Selain itu yel-yel juga terbukti efektif untuk menanamkan esprit de corp atau kekompakan tim dalam suatu pelatihan.
Banyak jenis yel yang bisa dilakukan dalam suatu pelatihan, tergantung dari tujuan yang ingin dicapai dari yel tersebut. Di sini akan saya jelaskan sebagai berikut:
a.    Jika fasilitator ingin memusatkan perhatian kembali tanpa harus berteriak-teriak,” bapak-bapak dan ibu-ibu mohon ketenangannya karena materi berikut sangat penting!”. Kalau hal itu yang kita lakukan tentu sangatlah tidak efektif. Semakin keras kita berteriak semakin gaduh pula suasana ruang pelatihan. Semakin sering kita berteriak semakin tidak terhormat pula seorang fasilitator.
2. Bagaimana strateginya? Terlebih dahulu kita membuat kesepakatan-kesepakatan untuk melakukan yel-yel tertentu. Yel yang paling sering untuk tujuan ini adalah model-model sapa jawab.
Contoh:
Fasilitator menyapa
Peserta menjawab
Hello
Hai
Hai
Hello
Apa kabar?
Luar biasa
Selamat pagi
Siap-siap
Selamat siang
Kerja keras
Selamat sore
Terima gaji
Selamat malam
Enak tenan
Kita kembali ke...
Laptop
Are you ready?
Yes

           
Yel-yel tersebut dapat diciptakan sendiri berdasarkan kesepakatan bersama dengan peserta pelatihan. Jika fasilitator memandang peserta gaduh karena berbicara sendiri maka dapat menggunakan salah satu sapa jawab di atas.
b.    Yel juga sering digunakan untuk memompa semangat kerja tim dalam kerja kelompok. Yel-yel model ini biasanya sering digunakan untuk mengawali pekerjaan kelompok ataupun dalam mengakhiri kerja kelompok. Misalnya pada saat pelatihan peserta dibagi dalam kelompok-kelompok kecil. Setiap kelompok dipersilahkan membuat yel-yel yang dapat memotivasi mereka untuk lebih semangat atau bahkan agar mempunyai daya kompetisi yang tinggi. Di sini yel-yel yang mereka ciptakan akan sangat berfariasi sebab jika ada 10 kelompok, maka akan terdapat 10 yel yang berbeda-beda.
2.      Jenis Tepuk Tangan
Tepuk tangan pada awalnya adalah merupakan salah satu ekspresi kegembiraan disamping tertawa. Biasanya kegembiraan yang diekspresikan dengan tepuk tangan adalah saat mendengar atau melihat diri kita atau orang lain yang memiliki hubungan dekat dengan kita mengalami suatu keberhasilan tertentu. Misalnya kita mendengar kabar kita dinyatakan lulus ujian, atau bisa juga anak kita sedang memenangi suatu perlombaan tertentu.
Ice breaking jenis tepuk dapat dilakukan oleh siapa saja. Bagi peserta yang kurang suka menyanyi atau juga peserta yang kurangmemiliki rasa percaya diri biasanya memilih model ini. Tepuk tangan juga sangat bagus dilakukan oleh siapa saja dengan tidak melihat usia. Dari anak kecil samapai orang tua tetap pantas melakukan jenis ini.
Untuk kepentingan energizer dalam pelatihan, tepuk tangan dapat dimodifikasi menjadi banyak sekali modelnya. Pada kesempatan ini saya akan memberikan beberapa model tepuk tangan, sebagai berikut:
TEPUK ANGGOTA BADAN
Jika kita pegang hidung, peserta tepuk 1 x
Jika kita pegang bibir, peserta tepuk 2 x
Jika kita pegang telinga, peserta tepuk 3 x
Jika kita bersedekap, peserta tepuk 4 x
(bisa dimodifikasi ataupun dibolak-balik ketentuannya)

TEPUK DIBALAS TEPUK
Jika kita tepuk 1x, peserta tepuk 4 x
Jika kita tepuk 2x, peserta tepuk 3 x
Jika kita tepuk 3x, peserta tepuk 2 x
Jika kita tepuk 4x, peserta tepuk 1 x
(bisa dimodifikasi ataupun dibolak-balik ketentuannya)
Dan masih banyak lagi.
3.      Jenis Menyanyi
Selama ini berdasarkan pengalaman, ice breaking jenis ini adalah yang paling banyak disukai oleh peserta pelatihan apalagi kalau pesertanya kebanyakan wanita. Untuk kepentingan ice breaking menyanyi tidaklah harus lagu-lagu original ciptaan sendiri, tetapi bisa juga kita hanya menyanyikan lagu-lagu yang sedang nge-trend tetapi dengan lirik yang diganti sesuai dengan tema pelatihan. Misalnya kita ajak peserta menyanyikan lagu “Munajat Cinta” pada pelatihan guru dengan lirik sebagai berikut:
Hari ini kami di sini
Memperhatikan materi penyaji
Seperti hari-hari
yang sudah-sudah
semuanya kami lakukan
untuk menambah keterampilan
seperti orang-orang
yang profesional
Tuhan jadikanlah aku
Orang yang penuh dedikasi
Ntuk memajukan bangsaku
Indonesia tercinta
Tentu masih banyak sekali contoh lagu-lagu lain yang bisa digunakan untuk energizer. Bahkan tidak hanya lagu-lagu yang sedang trend, tetapi lagu anak-anak yang dulu pernah kita kenal juga bisa tetap menarik. Tentu dengan merubah lirik-liriknya.
4.      Jenis Gerak Anggota Badan
Energizer jenis ini biasanya digunakan dalam pelatihan jika dilihat para peserta sudah kecapaian. Setelah seharian mereka diskusi atau presentasi fasilitator, maka perlu digerakkan anggota badannya agar kondisi psikologis kembali fress. Jenis ini bisa dilakukan secara individual maupun berpasangan. Salah satu contoh adalah sebagai berikut:

Jika kita katakan mangga, peserta mengangkat kedua tangan sambil berjinjit
Jika kita katakan jeruk, kedua tangan peserta mengacung ke depan.
Jika kita katakan kacang, peserta membungkukkan badan sambil kedua tangan memegang sepatu.

Permainan tersebut bisa dimodifikasi, dan juga dapat dilakukan secara bolak-balik tergantung kesepakatan dengan peserta.
5.      Jenis Gerak dan Lagu
Jenis lagu ini hampir sama dengan jenis gerak anggota badan, justru jenis ini lebih menarik, karena disertai dengan lagu.
F.         Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ice Breaking
1.  Seorang pelatih haruslah mempunyai naluri (feeling) khusus yang kuat ketika melakukan proses ice breaking. Ia harus tahu saat peserta sudah lebur atau belum dan masih harus dileburkan. Ketika peserta belum lebur namun ice breaking sudah dihentikan, hal ini akan menyusahkan sewaktu penyajian materi berikutnya.
2.  Saat melakukan ice breaking, seorang pelatih harus sudah dapat mendeteksi, (minimal beberapa orang dari peserta sudah masuk dalam memorinya) tentang potensi awal, sikap, sifat dan “karakteristik special” seorang peserta.
3.  Waktu yang disediakan untuk melakukan ice breaking sangat kondisional, tergantung kepada tingkat keleburan peserta. Ada peserta yang mudah lebur dan ada yang sulit lebur, karena perbedaan pendidikan, latar belakang, dll yang sangat signifikan. Oleh karena itu seorang pelatih harus mempunyai beberapa “jurus simpanan” yang harus dikeluarkannya bila peserta sulit mengalami peleburan antara satu dengan yang lainnya.
4.  Menimbulkan kesan positif, seorang pelatih haruslah dipandang oleh peserta dalam pandangan yang positif, baik dari segi pendapat, sikap, sifat dan interaksinya dengan peserta, karena tidak menutup kemungkinan nanti seorang pelatih akan menjadi tempat “curhat” paling dipercaya bagi peserta yang mengalami persoalan-persoalan khusus.






BAB III
PENUTUP
A.KESIMPULAN
            Menurut kelompok kami, ice breaking/ice breaker merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh guru dalam mengajar dan mendidik para siswa baik dalam kelas maupun diluar kelas. Ice breaking/ice breaker merupakan bagian dari sebuah strategi pendukung pembelajaran yang mampu mengembalikan fokus serta perhatian siswa terhadap materi pembelajaran.
            Sehingga belajar tidak mungkin tanpa kemauan untuk belajar, maka kesukaan siswa terhadap sikap yang dilahirkan guru jelas akan memberikan motifasi tersendiri dalam belajar.
            Oleh karenanya mempelajari lebih dalam apa itu ice breaking/ice breaker adalah suatu keharusan bagi mereka para guru yang memiliki progres dan semangat yang tinggi dalam menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, efektif serta dinamis dalam melahirkan generasi terbaik dimasa yang akan datang.
B.SARAN
Makalah yang kami susunsemogabisamembantukita lebih memahami tentang Ice Breaking/Ice Breaker.Mohonpermaklumandarisemuanyajikadalammakalah kami inimasihterdapatbanyakkekeliruanbaikbahasamaupunpemahaman. Karenatiadalahsesuatu yang sempurna yang bisamanusiaciptakan.







DAFTAR PUSTAKA


Nida. 2011. “Varian Ice Breaker: SegarkanAktivitasPembelajaran”. (http://komunikasi.um.ac.id, diakses 28 September 2012).
Sunarto. 2008. “Ice Breaking: Tips MenjadiFasilitatorIdola”. (http://sunartombs.wordpress.com, diakses 28 September 2012).
Supriadi.2006. “Ice BreakingdanOrientasi”. (http://www.andragogi.com, diakses 28 September 2012)
SyamMahfud. 2010. “Ice Breaking Definition”. (http://akselera.wordpress.com, diakses 28 September 2012).


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar